7 Cara Ampuh Atasi Jerawat Punggung

Klikmerdeka.com - Siapa bilang jerawat cuma muncul di wajah? Kenyataannya, jerawat rupanya tak hanya timbul pada wajah tetapi juga pada punggung. Sebenarnya ini bukan hal yang aneh sebab tubuh memproduksi minyak alias sebum. Jerawat terbentuk akibat sebum berlebih ditambah tumpukan sel kulitmati. 

Beda letak jerawat, beda pula cara mengatasinya. Ada beberapa tips untuk atasi jerawat punggung. 

1. Ganti produk sabun
Mengutip dari GQ, hampir semua dermatolog menyarankan untuk mengganti sabun mandi dengan sabun yang mengandung benzoyl peroxide (5-10 persen). Komponen ini terbukti bisa membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat punggung. 

Namun yang perlu diperhatikan setelah menggunakan sabun sebaiknya bilas hingga benar-benar bersih. Sebab sabun dengan benzoyl peroxide bisa meninggalkan noda pada handuk atau pakaian. 

2. Gunakan sampo antiketombe
Permasalahan jerawat punggung juga bisa timbul karena pertumbuhan jamur berlebih. "Saya menemukan kadang jerawat punggung itu sebenarnya pityrosporum folliculitis, kondisi di mana jamur tumbuh melebihi normal pada kulit," kata dermatolog Debbie Elder. 

Dia menyarankan untuk menggunakan sampo dan sabun antijamur selama 10 hari. Kemudian penggunaan bisa dilanjutkan seminggu sekali untuk mencegah jerawat punggung. 

3. Minyak tea tree
Minyak tea tree berasal dari daun pohon tea tree atau Melaleuca alternifolia. Pohon ini merupakan tanaman asli Australia. Orang Australia banyak memanfaatkan tea tree untuk aneka masalah kulit. Penggunaan minyak tea tree diyakini bisa atasi jerawat punggung karena mengatasi bakteri berlebih penyebab jerawat. 

4. Eksfoliasi punggung
Tumpukan sel kulit mati turut berkontribusi pada timbulnya jerawat punggung. Anda perlu rutin mengeksfoliasi punggung dengan scrub. Pilh scrub dengan kandungan salicylic acid untuk menghilangkan kotoran dan minyak dari kulit.

Tak hanya scrub, bersihkan punggung dengan sikat atau spons bergagang panjang. Saat mandi, bagian punggung kadang kurang bisa bersih karena tangan tak mampu meraih semua bagian. 

5. Masker
Atasi jerawat punggung dengan masker. Selama ini masker hanya digunakan untuk wajah, tetapi kali ini jajal saja untuk punggung. Spesialis dermatologi medis, bedah dan kosmetik Papri Sarkar menyarankan menggunakan pembersih berbahan benzoyl peroxide sebagai masker. 

Cukup aplikasikan pada jerawat punggung selama 5-10 menit kemudian bilas. Anda juga bisa memanfaatkan masker arang atau lumpur untuk punggung. 

6. Busana longgar
Selama proses mengatasi jerawat punggung, usahakan pilih busana yang longgar. Baju yang ketat bisa menyimpan lebih banyak kotoran dan keringat pada pori. Kenakan baju longgar agar kulit bisa 'bernapas' bebas. 

7. Perhatikan asupan makanan
Jerawat bisa mudah timbul pada mereka yang memiliki kulit rentan jerawat (acne prone). Makanan tak pelak turut memicu atau memperparah timbulnya jerawat. 

Melansir dari Healthline, riset menunjukkan makanan yang tinggi indeks glikemik menyebabkan gula darah naik cepat dan bisa membuat jerawat tambah parah. Makanan dengan indeks glikemik tinggi antara lain, roti putih, pasta dan nasi putih. 

Disarankan untuk memperbanyak konsumsi makanan dengan kandungan antioksidan seperti sayuran, buah, biji-bijian dan protein ringan. ( CNN )

Loading...

More Articles