Aceh Beli 4 Pesawat N219, Berapa Harganya?

Klikmerdeka.com - Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah telah memesan 4 pesawat N219 buatan PT Dirgantara Indonesia (PTDI). Pesawat tersebut nanatinya akan digunakan untuk transportasi warga Aceh, kebutuhan rescue dan lain sebagainya.

Kesepakatan pembelian empat pesawat dilakukan melalui penandatangan nota kesepahaman antara Direktur Utama PT Dirgantara Indonesia (Persero) Elfien Goentoro dan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh Nova Iriansyah di Gedung Pusat Manajemen PTDI, Bandung, Senin (9/12/2019). Selain itu, juga disepakati Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Pengoperasian Angkutan Udara Aceh.

 

Pesawat N219 buatan PT Dirgantara Indonesia (PTDI) ini dikembangkan bersama LAPAN dan mulai diproduksi massal tahun 2019. Di borong Pemerintah Aceh empat unit, lalu berapa harga pesawat N219 tersebut?

Direktur Produksi PTDI, Arie Wibowo sebagaimana dikutip dari Detik.com menuturkan bahwa harga jual pesawat N219 berada di kisaran US$ 6 juta per unit atau sekitar Rp 81 miliar.

Bila 1 unit harganya Rp 81 miliar, maka Pemerintah Aceh akan mengeluarkan anggaran sebesar Rp 324 miliar untuk pembelian 4 unit pesawat  tersebut.

Pesawat N219 buatan PT dirgantara ini memiliki kapasitas 19 penumpang, dan nantinya akan menjadi pesawat perintis antar daerah di Aceh.

 

Sumber:sinarpost.com

Loading...

More Articles