Bolehkah Ibu Hamil Begadang? Ini Jawaban dari Dokter

KLikmerdeka.com -  Ada beberapa pantangan bagi ibu hamil yang sebaiknya ditaati demi kebaikan dirinya dan janin. Satu di antaranya adalah hindari kebiasaan begadang, Moms.

Begadang itu sendiri berdampak negatif langsung bagi kondisi fisik maupun psikologis seseorang, baik yang sedang hamil maupun tidak. Bahkan, sering begadang dalam jangka panjang kerap dikaitkan dengan peningkatan risiko sejumlah penyakit, seperti penyakit jantung.

Ilustrasi ibu hamil bekerja

Ilustrasi ibu hamil begadang. Foto: Shutter Stock

Menurut dr. Ahmad SpOG, ibu hamil sebaiknya tidak begadang dan cukupi kebutuhan tidur, 8 jam per harinya.

"Nggak boleh begadang. Jadi kalau ibu hamil itu seluruh selnya membengkak, maka dia perlu untuk rileks. Kalau sel membengkak, itu kan termasuk sel pembuluh darahnya. Bayangin kalau sudah membengkak, ditambah stres begadang apalagi begadang untuk kerja, maka aliran darah semakin berkurang dan terganggu," ujar dr. Ahmad SpOG, saat dihubungi kumparanMOM, beberapa waktu lalu.

dr Ahmad menjelaskan, bila ibu hamil begadang maka bisa menyebabkan hipertensi atau tekanan darah tinggi, Moms. Perlu diketahui, tekanan darah rata-rata seseorang merosot hingga 10 sampai 20 persen selama tidur. Ini berarti bahwa ibu yang begadang saat hamil, akan memiliki tekanan darah yang lebih tinggi dari rata-rata normalnya selama periode 24 jam ke depan.

Ilustrasi ibu hamil.

Ilustrasi ibu hamil. Foto: Thinkstock

Meski peningkatan tekanan darah terbilang cukup kecil, namun tetap bisa memengaruhi cara jantung berfungsi selama kehamilan. Tidak cukup tidur juga bisa mengubah kadar hormon endothelin dan vasopressin Anda. Keduanya bekerja mengatur kembang-kempis ukuran pembuluh darah di seluruh tubuh, yang memengaruhi tekanan darah.

Risiko lainnya bila ibu hamil begadang juga berdampak pada persalinan prematur, Moms. Hal ini tentunya akan memberikan akibat yang tidak baik tambahan bagi bayi Anda kelak. Kelahiran prematur biasanya memiliki dampak turunan seperti risiko berat bayi lahir rendah, perkembangan organ yang belum normal, dan lainnya.

"Ya itu makannya tidak diperbolehkan ibu hamil begadang, karena bayinya bisa kecil juga. Bahkan kalau sering begadang di awal kehamilan bisa berisiko keguguran," ujarnya.

Ibu hamil tidur.

Ibu hamil tidur. Foto: Shutterstock

dr Ahmad juga menyebut waktu yang baik bekerja untuk ibu hamil hanya 8 jam. "Orang hamil harus tidur 8 jam paling nggak. Begitu juga kalau kerja sebaiknya 8 jam saja, ya ditambah transportasinya jadi 10 jam," imbuh Ahmad.

Ya Moms, selain tidak boleh begadang karena memiliki risiko pada kehamilan, ibu hamil juga tidak diperbolehkan terlalu lelah beraktifitas. Ingat Moms, ada malaikat kecil dalam perut Anda.

Loading...

More Articles