Bupati Sarkawi Apresiasi Tim PKH dan TKSK Dalam Menurunkan Angka Kemiskinan di Bener Meriah

Klikmerdeka.com - Bupati Bener Meriah, Tgk H Sarkawi mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada tim Pendamping Keluarga Harapan (PKH) dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dalam wilayah Pemerintahan Kabupayen Bener Meriah yang telah berhasil menurunkan angka kemiskinan di Kabaupaten Bener Meriah.

“Pemerintah Daerah sangat berterima kasih dan mengapresiasi petugas PKH serta TKSK yang telah berjuang mengentaskan kemisikinan dengan begitu serius, apakah itu pendamping maupun operator PKH yang tidak mengenal lelah, tim PKH dan TKSK kompak mereka saling asah, asih dan asuh, sehingga program keluarga harapan tidak cuma harapan, tapi dapat mewujudkan harapan,” kata Bupati Sarkawi saat menerima perwakilan tim tersebut, Senin (27/1/2020).

Bupati Sarkawi menambahkan, mereka ini para tim PKH dan TKSK telah melakukan pendampingan sosial kepada penerima manfaat PKH dalam wilayah Kabupaten Bener Meriah dan telah mengedukasi masyarakat kita, bagaimana caranya supaya warga terlepas dari belenggu kemiskinan.

“Saat ini penerima manfaat sebenarnya hanya tinggal 7 ribuan dari 13 ribuan, namun karena data BDT (Basis Data Terpadu) belum berubah atau direvisi, sehingga angka kemiskinan pun masih di 13 ribuan,” Tgk H Sarkawi.

Disamping itu, Bupati juga mengajak semua komponen masyarakat dan steakholder untuk bersama-sama memikirkan dan mencari solusi, karena itu merupakan peran kita semua, jadi kita sangat mengharapkan untuk memberikan informasi yag akurat mulai dari titik terbawah (Keluarga dan Aparat Desa) sampai ke Pemda, harap orang nomor satu di Bener Meriah itu.

“Angka yang suda berhasil diturunkan oleh Pendamping PKH dan TKSK saja pada tahun 2019 sudah mencapai 1.000 lebih orang, dan kita bisa pastikan, InsyaAllah,  pada tahun 2020 ini, angka ini dipastikan akan terus menurun, terlebih sesuai intruksi Bupati tentang pemasangan sticker untuk keluarga pra sejahtera, dan alhamdulillah banyak yang sudah mengundurkan diri dengan sukarela. Mudah- mudahan dengan cara ini, bantuan Pemerintah akan semakin tepat sasaran,” ujar Bupati Bener Meriah, Tgk Sarkawi.

Bupati Sarkawi juga mengatakan, petugas atau tim Program Keluarga Harapan (PKH) dalam melakukan verifikasi, sangat memahami program dan implementasi PKH sebagai program lintas sektor yang membutuhkan komitmen semua pihak, meningkatnya kelancaran pelaksanaan verifikasi komitmen peserta PKH, meningkatnya pengetahuan teknis pendamping dan operator, meningkatnya keterampilan sosial bagi pendamping dalam melakukan pendampingan kepada masyarakat.

“Sesuai dengan program pembangunan Kabupaten Bener Meriah, program PKH merupakan solusi cepat dan tepat, guna meringankan beban Pemerintah Daerah dalam mengatasi masalah sosial, khususnya menyangkut kemiskinan, kebodohan serta tingkat kesehatan yang rendah,” papar Bupati.

Terakahir Bupati Sarkawi juga menegaskan, “Pemerintah Daerah Kabupaten Bener Meriah siap menjaga kredibilitas pemerintah dan masyarakat, karena kesalahan sekecil apapun dari pelaksanaan program ini akan menyebabkan gagalnya perbaikan kualitas generasi penerus pada masa yang akan datang,” tutup Bupati Bener Meriah, Tgk Sarkawi.

Loading...

More Articles