DPD RI dukung rencana pembangunan embarkasi antara di Bangka Belitung

Klikmerdeka.com - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Zuhri M Syazali mendukung rencana pembangunan embarkasi antara di Pangkalpinang guna meningkatkan pelayanan para jamaah yang akan berangkat menunaikan ibadah haji ke ke Tanah Suci Mekkah.


"Selama ini jamaah dari Babel jumlahnya mencapai lebih dari 1.000 orang berangkat ke Tanah Suci melalui Embarkasi Palembang, akan lebih efektif dan efisien jika Babel memiliki embarkasi sendiri," kata Zuhri M Syazali saat dihubungi dari Mentok, Rabu.

Menurut Bupati Bangka Barat periode 2015-2019 tersebut, pemberangkatan jamaah dari Pangkalpinang ke Palembang membutuhkan waktu yang cukup lama dan melelahkan sebelum mereka diberangkatkan menuju Arab Saudi.

Agar lebih efektif, kata dia, akan lebih baik jika pemerintah melalui Kementerian Agama membantu rencana yang sedang disiapkan Pemprov Babel untuk membangun embarkasi antara di Pangkalpinang.

Menurut Zuhri, Gubernur Babel bersama Kanwil Kemenag Babel saat ini sedang menyusun rencana pembangunan embarkasi antara tersebut yang diharapkan bisa secepatnya direalisasikan.

"Transit tidak perlu lagi di Palembang, namun bisa di Pangkalpinang sehingga lebih cepat dan tidak melelahkan," katanya.

Dengan adanya perhatian dari Kementerian Agama RI dia optimistis embarkasi antara di Kota Pangkalpinang pada tahun ini bisa direalisasikan pembangunannya.

"Keberadaan embarkasi tersebut merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah terhadap peningkatan pelayanan ibadah haji, kami berharap bisa segera direalisasikan," katanya.

Untuk mendorong realisasi embarkasi tersebut, Komisi III DPD RI telah melakukan rapat kerja bersama Kementerian Agama RI di Jakarta dan masukan tersebut menjadi masukan penting guna meningkatkan pelayanan haji.

Pewarta : Donatus Dasapurna Putranta
Uploader : Rustam Effendi
COPYRIGHT © ANTARA

Loading...

More Articles