Dukung Anies, NasDem Tetap Akan Kritis di DKI

Klikmerdeka.com - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh siap mengusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi capres di Pilpres 2024. Meski demikian, NasDem DKI, yang bukan pengusung Anies di DKI, tetap akan kritis dan tidak melunak.

"Saya kira tidak. NasDem dalam memberikan dukungan bukan kemudian jadi 'yes man', tapi tetap memberikan kritikan yang membangun. Solutif, bagi untuk tujuan akhir bagaimana Jakarta baik, bagaimana pemerintahan berjalan lebih baik dan kemudian menghasilkan pelayanan masyarakat terbaik," kata Ketua Fraksi Partai NasDem DPRD DKI Bestari Barus, 

"Jadi buka berarti setelah kita memberikan dukungan, Pak Surya beranggapan Anies punya potensi untuk melakukan hal yang baik bagi Jakarta," sambungnya. 

Soal kemungkinan Anies jadi kader NasDem, Bestari menyambut baik jika hal itu jadi kenyataan. Namun hal itu bergantung pada ketua umum partai dan Anies sendiri. 

"Tentu, itu menjadi keputusan Bung Anies Baswedan sendiri dan ketua umum apakah memenuhi kriteria untuk menjadikan kader atau hal lain itu sepenuhnya menjadi wewenang ketum," ujar Bestari.

Sejauh ini, jelas Bestari, Surya Paloh memiliki hubungan baik dengan Anies. Hubungan itu disebutnya sudah terjalin lama sejak Anies menjadi deklarator ormas NasDem. 

"Itu yang saya sampaikan tadi bahwa hubungan kebatinan antara Bang Surya dengan Anies Baswedan bukan berlangsung pada hari ini saja tapi jauh dari mulai mungkin lebih dari 10 tahun lalu dan hal yang paling istimewa adalah Anies Baswedan adalah salah satu 45 deklarator mengawali lahirnya Partai NasDem manifesto Nasional Demokrat. Cikal bakal," ucapnya. 

Ormas itu pun disebutnya masih ada hingga saat ini. Jadi Bestari menyebut Anies sering berdiskusi dengan Surya Paloh meski tidak terekspos. 

"Masih ada. Jadi hubungan batin yang sudah terjalin sejak lama dan Pak Anies mungkin hari ini terekspos hadir di tempat ini padahal sangat sering berdiskusi ya layaknya abang dengan adik," katanya.

NasDem sudah mengklarifikasi soal pemberitaan dukungan Surya Paloh ke Anies. NasDem menegaskan Surya mendukung Anies sebagai gubernur DKI, bukan capres 2024.

"Pemimpin yang bisa melaksanakan harapan rakyat itu manifesto NasDem dan itu Pak Anies tahu. Karenanya datang ke sini Pak Ketum NasDem Bang Surya mengingatkan Pak Anies sebagai Gubernur terpilih, terlepas dari NasDem nggak dukung dulu ya, itu mempunyai kapasitas yang sampai saat ini belum secara optimal digunakannya. Tadi Bang Surya bilang baru 5 dari 10, masih ada 5 lagi," kata Sekjen NasDem Johnny G Plate. [ Dtk ]

Loading...

More Articles