Implan Otak yang Kembalikan Penglihatan Orang Tunanetra

Klikmerdeka.com - Implan otak berhasil mengembalikan penglihatan enam orang buta. Orang dengan kebutaan total kini bisa melihat kembali melalui mata mereka sendiri.

Prosedur ini menanamkan elektroda yang dapat mentrasmisikan gambar di otak. Tindakan ini baru saja dilakukan oleh ahli bedah Alex Shortt dari Optegra Eye Hospital.

Prosedur merupakan bagian dari studi Baylor Medical College, Texas dan University of California, Los Angeles, Amerika Serikat."Ini adalah perubahan orang dengan kebutaan total. Ini adalah pesan harapan yang nyata," kata Shortt kepada Daily Mail.

Dengan implan otak, peneliti menanamkan elektroda di korteks penglihatan otak. Elektroda menerima rekaman dari kamera video yang dipasang pada kacamata yang dipakai. 

Teknologi implan ini membuat mata dan saraf optik dapat mengirimkan informasi sensorik ke otak, sama seperti orang normal.

Ini merupakan tindakan pertama untuk penglihatan yang menggunakan metode implan di otak. Sebelumnya, implan itu dilakukan pada mata.

"Sebelumnya semua upaya untuk membuat 'mata bionik' terfokus pada penanaman ke dalam mata itu sendiri. Ini mengharuskan Anda untuk memiliki mata yang aktif, saraf optik yang berfungsi," kata Shortt.Mengutip The Independent, salah satu yang berhasil melihat kembali adalah Paul Phillip. Dia sudah buta selama hampir satu dekade. Dia bisa melihat kembali setelah implan otak dan memakai kacamata dari peneliti. 

"Sungguh menakjubkan bisa melihat sesuatu," kata Phillip. ( CNN )

Loading...

More Articles