Kantong Mata Hitam Selain Penyebab Kurang Tidur

Kantong mata yang hitam dan bengkak merupakan salah satu masalah kulit yang paling umum dikeluhkan oleh banyak orang. Pasalnya, perubahan pada sekitar mata dapat membuat penampilan tampak lelah. 

Selama ini, kantong mata yang hitam dan bengkak sering kali identik dengan kurang tidur. Padahal, kurang tidur bukanlah satu-satunya penyebab area di sekitar mata itu berubah warna dan ukuran.

Kantong mata itu terbentuk karena retensi air atau terdapat air yang tersimpan berlebihan di jaringan kulit di bawah mata. Sedangkan, warna yang menggelap timbul karena pembuluh darah di bagian bawah area tersebut tampak lebih jelas.


Perubahan itu dapat terjadi karena beberapa sebab. Berikut penyebab kantong mata hitam, selain kurang tidur.

1. Garam
Diberitakan Bioeffect, konsumsi garam ternyata berpengaruh terhadap area di sekitar mata. Asupan garam yang cukup tinggi sebelum tidur dapat menmbuat kantong mata membesar.

Hal ini terjadi karena garam dapat menahan atau menyimpan air salah satunya pada bagian mata.

2. Makeup
Riasan wajah pada area sekitar mata juga dapat membuat lingkaran hitam jika tidak dibersihkan dengan baik. 

Dikutip dari Webmd, tumpukan makeup yang dibiarkan itu berdampak buruk pada kulit. Kotoran tersebut dapat menimbulkan iritasi, mempercepat penuaan, dan menyebabkan kerutan serta lingkaran hitam.

Saat membersihkan area mata itu, pastikan untuk melakukannya secara lembut dan tidak menarik kulit mata bagian bawah dengan berlebihan.

3. Merokok
Merokok merupakan salah satu penyebab utama kerusakan pada kulit. Kandungan dalam rokok dapat membunuh sel-sel sehat dan memecah produksi kolagen. Hal ini mempercepat proses penuaan dengan munculnya kerutan.

Kontak asap rokok dengan bagian mata bakal membuat kulit kekurangan cairan. Tubuh akan menahan air di area mata sehingga membuat kantong mata semakin besar.

4. Alergi
Dilansir dari Mayo Clinic, alergi juga dapat menimbulkan gejala pada area sekitar mata seperti mata merah dan bengkak.

Ketika alergi, tubuh akan melepaskan zat kimia berupa histamin yang dapat menyebabkan mata menjadi bengkak. Alergi juga mempercepat pembentukan cairan di bawah mata sehingga menimbulkan kantong mata yang besar. 

Selain itu, histamin juga mempengaruhi pembuluh darah di sekitar mata yang membuat lingkaran di sekitar kulit mata menjadi gelap.

5. Usia
Kantong mata dan lingkaran hitam merupakan salah satu bagian normal dari penuaan. Semakin bertambah usia seseorang, lemak di bawah permukaan kulit mulai melorot termasuk di bagian mata yang menyebabkan kantong mata.

Ligamen dan otot yang biasa menahan lemak di bagian wajah juga mulai menurun sehingga membuat kantong mata semakin terlihat. 

More Articles