Kapal Selam Perancis Ditemukan Setelah 50 Tahun Hilang

Klikmerdeka.com - Kapal selam Minerve milik Perancis yang sempat hilang selama 50 tahun, akhirnya ditemukan. Kapal selam itu ditemukan sekitar 28 mil dari wilayah selatan pantai Perancis, tepatnya di dekat pelabuhan Toulon. 
 
Dilansir dari CNN, Kapal yang membawa 52 awak itu hilang pada 1968. Puing-puing kapal berhasil ditemukan di kedalaman hampir satu setengah mil. Dalam sebuah pernyataan Senin (22/7), Menteri Pertahanan Perancis Florence Parly mengatakan, "Pencarian dapat dilakukan berkat kemajuan teknologi untuk melakukan eksplorasi bawah laut, termasuk menggunakan sistem sonar baru dan pesawat nirawak." 
 
Sementara itu, Komisi Energi Alternatif dan Energi Atom Perancis bekerja sama dengan Layanan Hidrografi dan Oseanografi mencoba melakukan analisis seismik dan penelitian terkait hilangnya kapal selam Minerve. 

Perusahaan eksplorasi Ocean Infinity yang berbasis di Amerika Serikat juga turut membantu mengidentifikasi kapal Minerve berdasarkan pemetaan dasar laut oleh Lembaga Penelitian Perancis untuk Eksploitasi Laut. 
 
"Saya sungguh berharap penemuan ini akan membantu mereka (keluarga pelaut) untuk berkabung, lebih dari 50 tahun setelah tragedi yang memperingati angkatan laut Perancis dan semua warga negara kita," ujar Parly. 

Usai penemuan bangkai kapal selam Minerve, Parly juga meminta untuk diadakannya upacara peringatan di laut bagi para keluarga guna mengenang 52 pelaut yang tewas dalam tragedi hilangnya kapal. 
 
Parly pun mengatakan bahwa bangkai kapal akan dibiarkan berada di tempatnya sebagai peristirahatan terakhir para pelaut Perancis yang terlibat dalam insiden tersebut. ( CNN )

Loading...

More Articles