Kementerian Agama Sidang Isbat Penentuan Awal Ramadan Nanti Sore

Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat penentuan awal Ramadan 1439 H nanti sore. Sidang ini biasa dilakukan jelang bulan Ramadan setiap tahunnya.

Dikutip dari situs Kemenag, sidang isbat akan dimulai pukul 16.00 WIB, Selasa (15/5/2018). Nantinya keputusan sidang isbat akan jadi penentu penetapan awal Ramadan.

"Hasil rukyatul hilal dan data hisab posisi hilal awal Ramadan akan dimusyawarahkan dalam sidang isbat untuk kemudian diambil keputusan penentuan awal Ramadan 1439 H," kata Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, Kemenag RI, A Juraidi dalam situs Kemenag, Senin (14/5).

Sidang isbat di Kantor Kemenag akan berlangsung tertutup seperti tahun lalu. Pada pukul 17.00 WIB akan dilakukan presentasi posisi hilal dari titik pemantauan.

Untuk tahun ini ada satu titik pemantauan baru yakni di Masjid Hasyim Asy'ari, Jakarta Barat. Menurut Juraidi, peralatan di masjid tersebut sudah lengkap.

"Di sana sudah lengkap peralatan pemantauannya. Itu satu titik yang kita tambah di tahun ini," ujar dia.

Sementara itu Muhammadiyah sudah lebih dahulu menentukan awal Ramadan hingga Syawal tahun ini. Mereka akan mulai berpuasa pada tanggal 17 Mei 2018 dan merayakan Idul Fitri pada 15 Juni 2018. 

Detik.com

More Articles