Korut Lakukan Uji Coba Peluncuran Rudal Yang Mencapai Laut Jepang

PYONGYANG - Korea Utara (Korut) dilaporkan telah berhasil menguji sistem penembakan peluncur roket berganda yang mereka miliki.

Uji coba ini dilaporkan media Yonhap News Agency, pada Jumat, (29/11/2019) Menurut surat kabar itu, pemimpin Korut Kim Jong-un memandu peluncuran.

"Melalui tes penembakan yang berurutan, keunggulan dan keandalan sistem senjata telah dikonfirmasi," kata kantor berita itu.

 

Kantor berita KCNA yang dikelola pemerintah melaporkan, Kim telah menyatakan kepuasannya yang besar dengan hasil peluncuran tersebut.

Terlepas dari Kim, peluncuran itu diamati oleh para pejabat tinggi dari Partai Buruh Korea Utara dan para pejabat tinggi militer negara itu.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan, telah mengidentifikasi dua proyektil jarak pendek yang ditembakkan dari Yeonpo di provinsi Hamgyong Selatan bagian timur negara itu menuju Laut Timur [Laut Jepang], yang mungkin merupakan sistem roket multipel kaliber berkaliber besar. 

"Kedua rudal itu terbang sekitar 380 kilometer (236 mil) di ketinggian 97 kilometer," bunyi peryataan itu dilansir dari Sputnik, Jumat, (29/11/2019).

Rudal-rudal itu kemungkinan besar mendarat di luar zona ekonomi eksklusif Jepang. Ini sudah merupakan peluncuran yang kedua belas sejak bulan Mei.

Pada akhir Oktober, Pyongyang meluncurkan dua proyektil jarak pendek yang terbang 370 kilometer pada ketinggian 90 kilometer ke arah Laut Jepang.

Peluncuran tes terbaru oleh Korea Utara disambut dengan gelombang kritik baru dari Barat. Khususnya, Jerman meminta Korea Utara untuk memulai negosiasi yang sungguh-sungguh dengan Amerika Serikat tentang perlucutan senjata. Inggris mendesak Korea Utara untuk menghentikan tes misilnya dan melanjutkan pembicaraan denuklirisasi dengan Amerika Serikat.



(agn)

Loading...

More Articles