Petugas Dinkes Aceh Utara fogging nyamuk penyebab DBD

Aceh Utara ( Klikmerdeka.com ) - Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Utara membasmi nyamuk penyebab demam berdarah Dengue (DBD) dengan cara fogging (pengasapan) di Kecamatan Tanah Pasir dan Lhoksukon, Senin (22/7).

Adapun di Kecamatan Tanah Pasir dilakukan fogging di Gampong (desa) Blang dan Mee Matang Panyang. Sementara di Kecamatan Lhoksukon dilakukan di Gampong Trieng Pantang. Fogging itu dilakukan karena sebelumnya DBD menyerang warga setempat.

Pengelola DBD Puskesmas Tanah Pasir, Juwaidi Ilyas kepada awak media mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan karena sebelumnya DBD menyerang warga di Gampong Blang dan Me Matang Panyang.

"Fogging ini dilakukan karena adanya korban yang terjangkit DBD sebelumnya. Di Gampong Blang ada korban bernama Kafrawi (25) dan di Gampong Mee Matang  Panyang atas nama Fauzan (13)," katanya.

Kemudian, ia juga berharap kepada lintas sektor di kabupaten tersebut melakukan kegiatan gotong-royong secara rutin agar desa  menjadi bersih, sehingga sarang nyamuk dapat dibasmi.

Sementara itu, Hasanuddin, Keuchik (kepala desa) Gampong Trieng Pantang menerangkan, DBD juga telah menyerang seorang bocah berumur 9 tahun bernama Nuri Syamila dan saat ini korban masih dalam perawatan medis di Puskesmas Lhoksukon.

"Kami ucapkan terimakasih kepada  Dinas Kesehatan Aceh Utara melalui Puskesmas Lhoksukon yang peduli terhadap kesehatan warga Gampong Trieng Pantang. Karena lingkungan yang kumuh, sehingga warga terserang DBD," imbuhnya.

Dikatakan, nantinya warga akan bergotong-royong untuk membersihkan tempat yang selama ini menjadi sarang nyamuk, agar lingkungan di gampong bersih dan dengan kerjasama warga, Gampong Trieng Pantang akan terjaga dari virus DBD. ( AN )

Loading...

More Articles