Ratusan Massa Demo Tuntut KPK Bebaskan Gubernur Irwandi Yusuf

Ratusan orang yang tergabung dalam Koalisi Masyarakat Aceh Bersatu (KMAB) menggelar aksi damai di halaman Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh. Massa menuntut KPK melepaskan Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf.

Massa merupakan perwakilan dari beberapa daerah di Aceh ini mulai melakukan aksinya sekitar pukul 10.30 Wib, dengan berorasi secara bergantian di atas sebuah mobil truk interkuler, Senin (9/7/2018).

“Kami menuntut KPK untuk segera membebaskan gubernur kami, gubernur rakyat Aceh, Kami mencintai perdamaian, namun kalau Gubernur kami tidak dilepas kami akan membuat perlawanan,” ujar Ahmad Yani, Ketua Forum Komunikasi Anak Bangsa yang ikut berorasi.

Irwandi Yusuf ditangkap KPK pada Selasa 3 Juli lalu bersama Bupati Bener Meriah Ahmadi dan delapan orang lainnya. Irwandi ditahan KPK setelah ditetapkan sebagai tersangka bersama tiga orang lainnya atas dugaan korupsi dana otonomi khusus Aceh 2018. Irwandi Yusuf diduga menerima Rp500 juta dari Rp1,5 miliar yang dijatah dari fee ijon proyek dana otsus.

Ahmad Yani mengklaim penangkapan Irwandi Yusuf penuh unsur politik. Mereka meyakini bahwa Irwandi tidak melakukan tindakan korupsi sebagai mana yang dituduhkan.

“Pak Irwandi merupakan sosok pemimpin yang sempurna untuk Aceh, dan berjasa dalam perdamaian Aceh,”tambahnya.

Massa memberikan waktu selama tiga hari kepada KPK untuk menindak lanjuti tuntutan masa ini, dan selama Irwandi belum dikembalikan ke Aceh, massa mengancam tetap akan berunjuk rasa di Banda Aceh. Sumber:okezone.com

More Articles