Setelah Gunakan Hand Sanitizer, Butuh Berapa Lama Sampai Virus Mati?

Klikmerdeka.com - Semenjak wabah virus corona COVID-19 meluas di berbagai negara, termasuk Indonesia, kelangkaan stok terjadi pada hand sanitizer dan masker. Hand sanitizer dipercaya bisa membantu mengurangi virus yang berada di telapak tangan.

Meskipun mencuci tangan lebih disarankan, tapi penggunaan hand sanitizer lebih diminati karena simpel. Tidak perlu jauh-jauh mencari air mengalir dan sabun untuk membersihkan tangan.

Terkait hal tersebut, beberapa netizen ada yang penasaran kira-kira berapa lama virus mati setelah menggunakan hand sanitizer?

 

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Prof Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, mengatakan butuh waktu sekitar satu menit untuk virus mati setelah menggunakan hand sanitizer.

"Dalam satu menit. Maka, saat kita menggunakan hand sanitizer, kita diamkan atau keringkan dulu selama satu menit. Kita berharap, kalau di tangan kita ada virus, si virus ini akan mati," jelasnya saat melakukan konferensi pers daring, Jumat (20/3/2020).

Prof Ari mengingatkan, setelah menggunakan hand sanitizer keringkan selama satu menit tanpa menyentuh permukaan atau barang apapun. Ini akan membantu memaksimalkan hand sanitizer untuk mematikan virus yang ada di permukaan tangan.(https://health.detik.com/)

Loading...

More Articles