Tekuk Bengkulu, Aceh Raih Medali Emas Sepak Bola Porwil Sumatera 2019

Klikmerdeka.com - Tim sepak bola Aceh berhasil meraih medali emas cabang olahraga sepak bola Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) X Sumatera 2019 di Bengkulu. Medali emas tersebut diraih skuad besutan duet pelatih Azhar dan Mukhlis Rasyid setelah mengakalahkan tim tuan rumah Bengkulu dengan skor akhir 1-0 di Stadion Semarak, Sawah Lebar, Bengkulu, Minggu (3/11).

Gol tunggal kemenangan tim sepak bola Aceh dipersembahkan Akhirul Wadhan pada menit waktu tambahan jelang usai pertandingan. Akhirul Wadhan lewat sundulan kepalanya pada menit 90+2 berhasil membawa tim Aceh menang dan meraih medali emas cabang olahraga sepakbola Porwil X Sumatera 2019.

Laga final tim Aceh melawan Bengkulu di Stadion Semarak tersebut turut disaksikan langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah. Usai menang dan menjadi juara I, Nova langsung menyampaikan selamat untuk tim sepak bola Aceh lewat akun twitter.

"Alhamdulillah, selamat atas sukses Tim Sepakbola Aceh menjadi juara I & Selamat atas Kontingen Aceh yg sdh meraih 4 medali emas PORWIL Sumatera di Bengkulu. Mhn do’a agar atlit2 Aceh terus mendulang medali emas sampai penutupan nanti. Allahu Akbar," tulis Nova.

Lebih lanjut, Nova menyampaikan terima kasih atas perjuangan para pemain, pelatih dan tim manager. "Terima kasih juga atas doa seluruh rakyat Aceh," sebut Nova.

Seusai pertandingan, Nova kemudian melakukan pengalungan medali emas kepada para pemain. Pengalungan medali ini juga dilakukan Ketua DPRA Dahlan, Ketua Umum KONI Aceh Muzakir Manaf, Kadispora Dedy Yuswadi, Ketua Kontingen Porwil Aceh Kamaruddin Abubakar dan Asprov PSSI Aceh Nazir Adam.

Nova berharap, kemenangan yang diperoleh tim cabor sepak bola dapat diikuti oleh tim cabor lainnya yang juga berjuang di Porwil X Sumatera 2019 di Bengkulu. "Kita tunggu tim cabor lain untuk memperoleh mendali. Semoga kemenangan tim cabor sepak bola Aceh menjadi pemantik semangat bagi cabor lainnya untuk meraih prestasi. Selamat kepada semua," ujar Nova.

Gol Akhirul Wadhan ke gawang tim Bengkulu sukses membawa tim sepak bola Aceh meraih medali emas Porwil X Sumatera 2019. Foto: Dok. KONI Aceh

Sebelumnya Nova memutuskan untuk terbang ke Bengkulu demi menyemangati langsung para pemain Aceh di laga final tersebut. Padahal di waktu yang sama Nova juga memiliki agenda lain di Istanbul, Turki.

"Saya memilih untuk hadir di Bengkulu. Memotivasi para pemain agar menang dalam partai final sangat penting, walaupun di waktu yang sama ada agenda lain di Istanbul,” kata Nova, kemarin.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Aceh, Dedi Yuswandi mengatakan kemenangan yang diraih tim Sepak Bola Aceh adalah hasil kerja sama semua pihak. Karena itu, dia berpesan agar tim di cabang olah raga lainnya juga mampu tampil prima.

"Tetap jaga semangat agar prestasi yang diraih (tim sepak bola) menular kepada cabor lainnya. Itu harapan kita semua," ujar Dedi.

Laga final cabang olahraga sepak bola Porwil X Sumatera 2019 di Bengkulu berhasil dimenangkan tim Aceh dengan skor 1-0 atas tim tuan rumah, Minggu (3/11). Foto: Dok. KONI Aceh

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Aceh, Muzakir Manaf, mengatakan selain berhasil meraih medali emas cabor sepak bola Porwil X Sumatera 2019 di Bengkulu, tim sepak bola Aceh juga telah memastikan diri meraih satu tiket lolos ke Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua 2020.

"Alhamdulillah hari ini kita sudah mampu membuktikan bahwa kita paling kuat (sepak bola) di Sumatera," sebut pria yang akrab disapa Mualem.

Mualem berharap, seusai Porwil X Sumatera 2019 di Bengkulu, tim sepak bola Aceh dapat langsung mempersiapkan diri untuk PON 2020 di Papua. "Harus lebih meningkat latihan. Saya sebagai Ketua Umum KONI Aceh siap mendukung tim sepakbola Aceh, yang penting tetap jaga semangat dan kekompakan seperti yang telah ditunjukkan hari ini," ujarnya.

Loading...

More Articles