Temui Raja Salman di Saudi, Mike Pompeo bakal bahas kasus hilangnya Jamal Khashoggi

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo tiba di Riyadh, Arab Saudi, hari ini untuk bertemu dengan Raja Salman bin Abdulaziz. Kunjungan Pompeo kali ini adalah untuk membahas kasus hilangnya wartawan Saudi Jamal Khashoggi.

Dilansir dari laman Reuters, Selasa (16/10), AS memberi perhatian khusus atas kasus Khashoggi sebab dia selama ini tinggal di negara tesebut selama pelariannya dari Saudi. Kunjungan Pompeo pun dilakukan atas perintah khusus dari Presiden AS Donald Trump.

Khashoggi dinyatakan hilang pada 2 Oktober lalu. Dia terakhir kali terlihat berada di kantor konsulat Saudi di Istanbul, Turki. Setelah memasuki gedung tersebut, Khashoggi tak pernah terlihat keluar.

Pihak Turki yakin Khashoggi dihabisi oleh orang suruhan pemerintah Saudi dalam gedung tersebut. Dia disiksa dan dibunuh kemudian mayatnya dimutilasi dan dibawa keluar gedung.

Pembunuhan Khashoggi diduga ada kaitannya dengan pekerjaan dia sebagai wartawan. Pria tersebut kerap menulis artikel berisi kritikan terhadap kebijakan Arab Saudi di media AS, Washington Post.

Sementara itu, tim kepolisian Turki baru saja melakukan penggeledahan terhadap kantor konsulat Saudi di Istanbul sebagai bagian dari pencarian bukti. Penyelidikan dalam kantor tersebut berlangsung selama sembilan jam.

Seorang saksi menyebutkan bahwa ada empat kendaraan forensik tiba di kantor konsulat dan mengambil sampel tanah serta pintu besi dari kebun. Anjing polisi juga dikerahkan sebagai bagian dari tim pencari. (Merdeka.com)

Loading...

More Articles