Viral Ikan Oarfish di Pulau Selayar, Pertanda Gempa?

Klikmerdeka.com - Sebuah foto yang menggambarkan penangkapan ikan oarfish di perairan Pulau Selayar, Sulawesi Selatan mendadak viral pada Senin (9/12/2019) dan memantik pertanyaan: apakah penemuan ikan raksasa itu dari laut dalam itu adalah pertanda akan ada gempa?

Foto ikan oarfish itu sendiri pertama kali muncul di Facebook pada Senin. Menurut Makassar Terkini, ikan itu panjangnya sekitar 3 meter dan ditangkap oleh para nelayan di Selayar.

 

Belum ada konfirmasi resmi dari pihak terkait soal informasi penangkapan ikan oarfish di Selayar itu.

Ikan oarfish, pembawa pesan dewa laut

Ikan oarfish sendiri dikenal sebagai ikan laut dalam yang jarang berkeliaran ke permukaan. Tak heran jika kemunculannya sering memicu rasa penasaran bahkan khawatir.

 

Di Jepang ikan oarfish bahkan punya julukan khusus: ryugu no tsukai atau pembawa pesan dari istana dewa laut. Di negeri Sakura, ia memang dipercaya sebagai pertanda akan datangnya gempa besar.

Hubungan antara gempa dan ikan oarfish di Jepang bahkan tercatat dalam kumpulan kisah misteri dari abad 18 yang bertajuk Shokoku Rijin Dana.

 

Pertanda gempa besar

Tetapi benarkah ada hubungan antara gempa dan ikan oarfish?

Sebuah penelitian di Jepang pada Agustus lalu mencoba menjawab pertanyaan itu.Para ilmuwan dari Universitas Tokai di Tokyo membandingkan catatan penampakan oarfish di Jepang dengan peristiwa gempa di negeri itu selama lebih dari 90 tahun terakhir.

Dalam studi itu mereka mencatat sekitar 263 penampakan oarfish di Jepang sejak 1928. Dalam periode yang sama tercatat terjadi 221 gempa dengan kekuatan minimal 6 skala Richter.

Tetapi dari seluruh catatan itu, hanya ada satu gempa yang terjadi dalam waktu 30 hari setelah penampakan oarfish. Gempa itu terjadi pada Juli 2007. Pada peristiwa itu, oarfish ditemukan dalam radius 100 kilometer dari lokasi gempa.

Kesimpulannya, penampakan oarfish tak berhubungan dengan gempa besar.

 

Sumber: Suara.com

 

 

Loading...

More Articles