Waspada Minum Air Putih dari Botol Plastik, Bahaya Mengintai...

Klikmerdeka.com - Manusia butuh minum air setiap hari, agar tubuh tetap sehat. Namun, sadarkah Anda jika ada bahaya yang mengintai orang yang minum air putih dari botol plastik?

Laman berita Boldsky, Rabu (4/9/2019), memberikan tip kesehatan mengenai bahayanya minum air putih dari botol plastik.

 

Botol plastik kandung bahan kimia berbahaya
Botol plastik sekali pakai untuk air mineral mengandung bahan kimia Polythene terephthalate (PET) yang dapat mencemari lingkungan. Kini, kebanyakan perusahaan air minum dalam kemasan menyiasatinya dengan menggunakan botol berbahan Bisphenol A (BPA) yang dapat digunakan secara berkala. Namun, jika botol plastik yang menggunakan bahan kimia BPA itu terkena sinar matahari, maka bahan kimia tersebut akan menguap dan tercampur dengan air mineral.

Botol plastik bisa picu komplikasi kehamilan
BPA yang terkandung dalam botol plastik juga sangat berbahaya karena dapat menyebabkan komplikasi pada kehamilan serta janin. Selain itu, kandungan BPA juga bisa menyebabkan bayi yang lahir menjadi cacat.

Botol plastik perlemah sistem imun
Bahan kimia BPA yang terkandung dalam botol plastik bisa memperlemah sistem imun tubuh manusia. Melemahnya sistem imun akan mempermudah manusia terserang infeksi.

Botol plastik percepatan atau perlambatan pubertas
Akan sangat berbahaya jika kandungan bahan kimia dari botol plastik masuk ke dalam tubuh, khususnya ke hormon estrogen. Akibatnya, hal ini akan menyebabkan penurunan kesuburan wanita, meningkatnya kadar lemak dalam tubuh, serta mempengaruhi sistem syaraf.

Kandungan bahan kimia dalam botol plastik sangat berbahaya, terutama jika masuk ke dalam tubuh manusia. Ada empat cara mudah untuk hidup sehat sekaligus mencegah bahan kimia dari botol plastik masuk ke dalam tubuh.

- Biasakan minum air putih dari tempat yang berbahan kaca atau stainless steel,

- Pilihlah dan gunakan botol yang bebas dari kandungan bahan kimia BPA (BPA-free),

- Biasakan bawa air minum dari rumah, menggunakan bahan yang aman,

- Alternatif terakhir, gunakan botol plastik yang memiliki kode segitiga nomor lima. (Vanya Karunia/Solopos.com)

Loading...

More Articles