Witan Sulaeman Ingin Tembus Skuat Timnas U-19 demi Piala Dunia U-20

Klikmerdeka.com - Witan Sulaeman masuk dalam daftar 60 pemain yang dipanggil untuk mengikuti seleksi Timnas U-19 Indonesia. Tentu saja, ini bukan pengalaman baru buat Witan mengingat ia pernah mentas di SEA Games 2019 bersama Timnas U-23.

Dengan begini, sih, Witan, yang kini berusia 18 tahun, turun level umur Timnas. Namun, ia mengaku masih antusias mengikuti seleksi.

''Semula saya tak menyangka bisa dipanggil ke Timnas U-19. Jujur saja saya memang kepengin masuk Timnas U-19 dan bisa bermain di Piala Dunia U-20,'' kata Witan usai menjalani latihan di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang.

Witan selama ini sudah naik kelas duluan ketimbang rekan-rekannya di Timnas U-19. Pasalnya, ia mendapat rekomendasi dari Pelatih Timnas U-23, Indra Sjafri.

Witan sudah bermain untuk Timnas U-19 sejak 2017. Bersama 'Garuda Muda', ia mengenyam dua kali Piala AFF, pada 2017 dan 2018, serta Piala Asia U-19.

Meski kenyang pengalaman, Witan tak ingin sesumbar. Pasalnya, kondisi Timnas U-19 saat ini berbeda. Tampuk kepemimpinan baru berganti dari Fakhri Husaini ke Gong Oh-kyun. Selain itu, Witan juga diamati langsung oleh pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

''Sekarang 'kan masih tahap seleksi. Jadi saya harus kerja keras lagi karena 'kan tak ada jaminan saya masuk tim,'' kata Witan.

Timnas U-19 melakukan seleksi pemain untuk beberapa turnamen. Yang terdekat adalah Piala Asia U-20 yang berlangsung Oktober mendatang.

Proses seleksi ini juga menjadi ajang pemusatan latihan untuk beberapa ajang. Selain Piala Asia U-20, pemusatan latihan ini bertujuan mempersiapkan pemain untuk Piala Dunia U-20 2021.

Loading...

More Articles